Mengolah Potensi Menjadi Inovasi

Fisheries Products Club

Fisheries Products Club adalah salah satu study club yang ada dijurusan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas Riau sebagai wadah yang tepat untuk melatih seluruh potensi yang dimiliki mahasiswa khususnya di bidang Pengolahan Perikanan. Fisheries Products Club memiliki tujuan sebagai sarana untuk mendidik serta melahirkan mahasiswa yang berwatak entrepreneur dan memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk hasil perikanan.

Study club ini dibentuk tanggal 6 Maret 2020 di Fakulas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Saat ini Fisheries Products Club mempunyai kepengurusan sebanyak 37 orang yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan terbagi mejadi tiga departemen. Adapaun tiga departemen tersebut ialah manajemen produk, pengembangan usaha dan marketing, dan digital informasi yang berfungsi untuk menjalankan program kerja yang telah disepakati.

Manajemen produk (MP) merupakan departemen yang memiliki tugas utama dalam menghasilkan produk hasil perikanan yang berkualitas dan memiliki nilai ekonomis. Departemen ini memiliki peran aktif dalam mengatur dan memanajemen proses produksi mulai dari tahap pemilihan bahan baku, formulasi bahan sampai pada tahap pengemasan. Pengembangan usaha dan marketing (PUM) merupakan departemen yang memasarkan produk yang telah dibuat oleh manajemen produk dan mewadahi perkembangan kelompok usaha, departemen ini melakukan riset pasar dan menjalin mitra dengan dunia usaha dan industri. Digital informasi dan komunikasi (DIGIKOM) merupakan departemen yang berfungsi menyebarluaskan hasil kerja secara digital. Membantu pemasaran dalam merancang desain kemasan produk yang kreatif, serta memberikan informasi penting mengenai pengolahan produk perikanan atau hal lainnya.

Produk yang sudah dihasilkan ialah macaroni ikan patin, risoles ikan, otak otak ikan, bakso ikan kuah, bakso ikan krispi, nugget, abon, kaki naga, stik ikan patin, paket BBQ sosis dan bakso ikan patin, telur gabus ikan patin dan rendang ikan tongkol. Pemasaran produk dilakukan saat event – event dikampus dan pemasaran via whastaap dan instagram. Serta menjadi bingkisan untuk narasumber ataupun tamu pada acara himpunan jurusan.